Jumat , Desember 15 2017
Berita Terbaru
Home / Bawaslu Jateng / Tekan Pelanggaran Pemilu, Panwascam Wajib Blusukan

Tekan Pelanggaran Pemilu, Panwascam Wajib Blusukan

WhatsApp Image 2017-12-02 at 15.23.35
WONOSOBO – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Wonosobo mendorong kepada Panitia Pengawasan Kecamatan (Panwascam) untuk hadir ke tengah masyarakat melakukan sosialisasi pelanggaran pemilu.
Caranya Panwascam wajib blusukan ke sedikitnya 10 komunitas masyarakat. Bukti aktivitas tersebut terdokumentasi dalam audio visual.
Koordinator Devisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaskab Wonosobo Sumali Ibnu Chamid menyebutkan, salah satu ancaman dalam penyelenggaraan Pemilu yakni money politik.
Tidak hanya merusak Pemilu, namun juga merusak budaya masyarakat.
“Program ini bagian dari upaya Panwaskab Wonosobo mencegah terjadinya pelanggaran Pemilu,”katanya.
Sumali menyebutkan, di Wonosobo terdapat 15 Kecamatan. Sejak sepekan ini, pihaknya menginstruksikan kepada semua jajaran Panwascam turun ke masyarakat, mensosialisasikan berbagai potensi pelanggaran Pemilu 2019 dan Pilgub Jateng 2018. Panwascam wajib sosialisasi sedikitnya kepada 10 komunitas meliputi : Petani, Pedagang, Pengojek,  Ibu rumah tangga, Pegawai, Pemilih Pemula, Pesantren, Sekolah, Pegiat Seni, Ormas, serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.
“Cara ini, untuk mencegah agar berbagai komunitas masyrakat terlibat dalam pengawasan Pemilu,”katanya.
Dengan program ini, kata pria yang intim disapa Ale ini, maka dalam dua pekan, sedikitnya ada 150 video aksi Panwascam dalam mensosialisasikan sekaligus mengajak masyarakat menjadi relawan pengawas Pemilu Partisipatif.
“Kalau setiap komunitas yang didatangi Panwascam rata rata 10 orang, maka dalam dua pekan Panwas sudah mengajak 1500 orang terlibat sebagai pegawas Pemilu,”tegasnya.
Untuk memotivasi Panwascam, lanjut Ale, video hasil blusukan dan sosialisasi wajib diposting dimedia sosial. Bagi yang mampu menyajikan konten video yang menarik akan diberikan hadiah Cuma Cuma senilai Rp. 1 juta yang dialokasikan dari honor Panwaskab.
“Hadiah ini sebagai motivasi saja, agar kualitas video memenuhi standard informasi, edukasi serta estetika, sehingga pesan yang disampaikan ditangkap khalayak,”tegasnya.
Program ini, tambah Ale, bagian dari menterjemahkan amanah undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Di mana pada pasal 94 huruf d dan pasal 97 huruf d. dan pada pasal-pasal tersebut Bawasalu dan Jajarannya harus melakukan pencegahan pelanggaran dan sengketa Pemilu.
“Untuk itu, keterlibatan serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu menjadi keharusan Bagi masyarakat. Karena pemilu substansinya pemenuhan kedaulatan rakyat,”Pungkasnya.
Kontributor : Panwaskab Wonosobo
Editot : Humas Bawaslu Jateng
WhatsApp Image 2017-12-02 at 15.08.50
WhatsApp Image 2017-12-02 at 15.21.10

About Humas Bawaslu

Check Also

SAMPAIKAN LANGSUNG KE PENGAWAS JIKA ADA SENGKETA PEMILU (3)

FAJAR SAKA, SAMPAIKAN LANGSUNG KE PENGAWAS JIKA ADA SENGKETA PEMILU

Wonosobo, Bawaslu Jateng – “Jika rekan-rekan disini merasa ada persengketaan proses Pemilu bisa langsung sampaikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *