Kamis , Juni 29 2017
Berita Terbaru
Home / Bawaslu Jateng / Teguh Purnomo : Pengawas Harus Maksimalkan Peran Preventif

Teguh Purnomo : Pengawas Harus Maksimalkan Peran Preventif

Teguh Purnomo Pengawas Harus Maksimalkan Peran Preventif (1)

Cilacap, Bawaslu Jateng – Sejumlah 148 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari16 Desa di Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap, hari ini Senin, 23 Januari 2017 dilantik oleh Ketua Panwascam Mudasir, S.Sos. Acara dihadiri oleh segenap Muspimcam yang terdiri dari Camat, Polsek, Danramil dan Kepala dinas dan segenap kepala Desa di wilayah kecamatan tersebut.

Hadir dalam kesempatan itu Pimpinan Bawaslu Propinsi Jawa Tengah Dr. Teguh Purnomo, SH,M.Hum.M.Kn dan juga pimpinan Panwas Kabupaten Cilacap Umi Fadil Al-Haris,SPd,Mpd. Dalam sambutan dan pengarahanya Teguh mengatakan bahwa Pengawas TPS adalah ujung tombak dari kegiatan pengawasan kegiatan pra, saat dan pasca pemungutan suara di TPS. “Pengawas TPS mempunyai peran yang strategis dan juga bertanggungjawab terhadap proses rangkaian kegiatan di TPS dari persiapan, pelaksaanan sampai menyampaikan keberatan dalam hal ditemukannya dugaan pelanggaran dan juga penyimpangan penyimpangan dalam proses pemungutan dan penghitungan suara” , tandas Teguh. Teguh juga menambahkan pengawas TPS mempunyai tanggung jawab sebagai petugas yang diberi mandat oleh Undang undang dalam menentukan kualitas demokrasi , sehingga sangat strategis perannya.

Dikatakan pula bahwa selain mempunya tugas dan kewajiban dalam proses kegiatan di TPS, pengawas TPS juga diharapkan dapat menyampaiakan informasi informasi terkait situsasi dan kondisi di masyarakat menjelang tahapan pungut hitung terkait dengan dugaan pelanggaran yang muncul di daerah masing masing sehingga upaya preventif bisa dilakukan dalam rangka menciptakan situasi pesta demokrasi yang berkualitas di Kabupaten Cilacap

Kontributor : Humas Bawaslu Provinsi Jawa Tengah

Teguh Purnomo Pengawas Harus Maksimalkan Peran Preventif (2)

About Humas Bawaslu

Check Also

timsel terbentuk

BAWASLU JATENG BENTUK TIM SELEKSI PANWAS PILKADA 2018, PILEG DAN PILPRES 2019

Semarang, Bawaslu Jateng – Dalam rangka persiapan menghadapi Pilkada 2018, Pileg dan Pilpres 2019 Bawaslu …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *