Sabtu , Oktober 21 2017
Berita Terbaru
Home / Umum / SOSIALISASIKAN PENGAWASAN, BAWASLU JATENG TERBITKAN BULETIN

SOSIALISASIKAN PENGAWASAN, BAWASLU JATENG TERBITKAN BULETIN

36buletin-dari media

SEMARANG – Sebagai upaya sosialisasi pengawasan pemilukada pada Desember mendatang, Bawaslu Jateng meluncurkan buletin/ majalah di kantornya Jalan Atmodirono Kota Semarang, hari ini (12/6). Ketua Bawaslu Jateng Abhan Misbah berharap, dengan adanya buletin tersebut, stakeholder terkait dan masyarakat umum bisa mengetahui mengenai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) bawaslu sekaligus mengetahui kegiatan-kegiatannya.

“Saat ini, kami launching perdana sebagai sarana media Bawaslu dengan publik. Kami juga meminta saran dengan teman-teman media, apa yang perlu diperbaiki,” katanya, dihadapan wartawan.

Ditanya soal kesiapan pemilukada di Jateng, ia menjelaskan, sampai sekarang ada 8 kabupaten/ kota yang belum melakukan menandatangani Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Padahal, pemberian batas waktu oleh Menteri Dalam negeri (Mendagri) kepada daerah yang melakukan Pilkada untuk mencairkan anggaran Pilkada maksimal 3 Juni kemarin.

“Kedelapan kota tersebut diantaranya Kota Semarang, Kota Magelang, Kota Surakarta, Kabupaten Purbalingga, Purworejo, Rembang, Wonogiri dan Kabupaten Grobogan,” jelasnya.

Sementara, Ketua Bawaslu RI Endang Wihdatiningtyas, yang hadir dalam launching perdana buletin Bawaslu, mengatakan Jateng merupakan wilayah kedua terbanyak yang menyelenggarakan Pilkada. Namun, masih ada beberapa kabupaten/ kota yang belum menandatangani NPHD.

Ia menilai belum ditandatangani NPHD bukan karena Bawaslu Jateng telat memberitahukan namun lebih ke permasalahan internal. Yakni, penganggaran Pemkab untuk Panwas di masing-masing daerah.

“Jangan sampai pembentukan panwas terhambat dan mengganggu pada proses keberhasilan Pilkada. Perlu diketahui, KPU RI juga akan mendorong KPU daerah karena sampai hari ini, dari Bawaslu dan KPU sudah rapat intensif. Perlu kami telusuri, kenapa belum ada titik terang anggaran Pilkada. Jangan sampai pada Juli, Kabupaten/ kota belum menandatangani NPHD,” tegasnya.

Sumber : http://kabar17.com/2015/06/sosialisasikan-pengawasan-pilkada-bawaslu-jateng-luncurkan-buletin/

About Bawaslu

Check Also

27panwas di gugat

PANWASLU DIGUGAT CAMAT SAMBIREJO RP 3 MILIAR

SRAGEN–Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sragen digugat senilai Rp3 miliar oleh Camat Sambirejo Suhariyanto. Panwaslu dituding …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *