Jumat , Desember 15 2017
Berita Terbaru
Home / Bawaslu Jateng / Pendaftar Panwas di Jawa Tengah Membludak

Pendaftar Panwas di Jawa Tengah Membludak

pendaftaran panwas membludak (2)

SEMARANG – Jumlah pendaftar Panwas di 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah membludak. Hingga hari terakhir masa pendaftaran 24 Juni 2017 lalu, jumlah pendaftar mencapai 1.160 orang. Jumlah ini terbilang sangat banyak.

Para pendaftar itu akan memperebutkan posisi sebagai Panwas di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Anggota tim seleksi Panwas di Jawa Tengah Rofiuddin menyatakan jumlah pendaftar terbanyak ada di Kota Semarang yaitu sebanyak 120 orang. Daerah lain yang pendaftarnya terbilang banyak antara lain: Demak (55 pendaftar), Kudus (48 pendaftar), Pati (46 pendaftar), Tegal (59 pendaftar), Kabupaten Magelang (43 pendaftar), Kebumen (38 pendaftar) dan lain-lain.

Adapun daerah dengan pendaftar paling sedikit diantaranya Kota Surakarta sebanyak 14 orang, Purworejo (15 pendaftar), Wonosobo (16 pendaftar), Kota Salatiga (18 pendaftar) dan lain-lain.

Dari 1.160 orang pendaftar, masih didominasi pendaftar berjenis kelamin laki-laki yaitu sebanyak 922 orang. Adapun pendaftar Panwas berjenis perempuan hanya sebanyak 238 orang.

Jumlah pendaftar sebanyak 1.160 orang ini terbilang sangat banyak. Tidak ada kabupaten/kota di Jawa Tengah yang jumlah pendaftarnya kurang dari ketentuan yaitu 12 pendaftar. Pendaftar di semua kabupaten/kota di Jawa Tengah melebihi ketentuan minimal sehingga tim seleksi tak perlu memperpanjang masa pendaftaran.

Saat ini tim seleksi masih memeriksa kelengkapan berkas syarat-syarat administrasi para pendaftar. Bagi pendaftar yang berkasnya kurang akan dihubungi untuk segera melengkapi atau memperbaikinya.

Selain itu, tim seleksi juga memeriksa validitas dan keabsahan berkas pendaftar. Bagi pendaftar yang berkasnya tidak valid dan tidak memenuhi syarat maka tidak bisa lolos seleksi administrasi. Misalnya, pendaftar yang tidak mengantongi ijazah S1. Atau pendaftar yang usianya kurang dari 30 tahun. Tim seleksi berencana mengumumkan hasil seleksi adminitrasi pada 9 Juli 2017. Pengumuman nama-nama yang lolos seleksi administrasi di masing-masing kabupaten/kota bisa dilihat di situs Bawaslu Jawa Tengah: bawaslu-jatengprov.go.id.

Pendaftar yang lolos seleksi administrasi berhak mengikuti ujian tes tertulis. Adapun hal ihwal pengumuman teknis pelaksanaan ujian tes tertulis akan diumumkan bersamaan dengan pengumuman hasil tes seleksi administrasi.

Tim seleksi akan memilih Panwas di masing-masing kabupaten/kota di Jawa Tengah. Panwas akan bekerja untuk Panwas Pilgub Jawa Tengah 2018, Pilkada di beberapa kabupaten/kota di Jawa Tengah 2018, pemilihan legislatif 2019 dan pemilihan presiden 2019.

Humas Bawaslu Jateng

About Humas Bawaslu

Check Also

PENDAFTARAN PASANGAN CALON PERSEORANGAN DAPAT TEGURAN PANWAS KUDUS (1)

PENDAFTARAN PASANGAN CALON PERSEORANGAN DIWARNAI TEGURAN PANWAS KUDUS

  Kudus, Bawaslu Jateng – Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kudus dari jalur …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *