Kamis , Juni 29 2017
Berita Terbaru
Home / Bawaslu Jateng / PEMKAB DAN PANWAS KABUPATEN PATI TANDATANGANI NPHD ANGGARAN PENGAWASAN SEBESAR 6,6 MILYAR

PEMKAB DAN PANWAS KABUPATEN PATI TANDATANGANI NPHD ANGGARAN PENGAWASAN SEBESAR 6,6 MILYAR

71NPHD PATIPati, Bawaslu Jateng – Pemerintah Kabupaten Pati mengalokasikan Dana Hibah untuk pengawasan Pilkada  2017 mendatang sebesar 6,6 Milyar. Penyerahan anggaran itu ditandai dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) oleh Bupati Pati Haryanto dengan Ketua Panwas Kabupaten Pati yang dilaksanakan pada hari Jumat, 10 Juni 2016,  di Ruang Rapat Pragola Sekretariat Daerah Pati. Penandatanganan NPHD juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Asisten, para kepala SKPD dan Pejabat struktural dilingkungan Setda Kabupaten Pati.

Haryanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa anggaran sebesar 6,6 milyar tersebut baru tersedia  dalam APBD Tahun 2016 sebesar 5 milyar sedangkan kekurangannya sebesar 1,6 milyar  akan dipenuhi  melalui APBD Perubahan.

Pemkab Pati, tambah Haryanto, juga telah memfasilitasi Panwas  berupa  gedung untuk dijadikan kantor Panwas, sarana mobilitas dan telah menugaskan beberapa staf PNS untuk mendukung kesekretariatan Panwas.  Selanjutnya Ia berharap  agar sarana dan prasarana yang telah diberikan supaya digunakan dengan sebaik-baiknya dan  berpesan anggaran yang diberikan digunakan secara normatif agar dikemudian hari tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Setelah penandatanganan NPHD diharapkan anggaran bisa segera direalisasikan, karena tugas Panwas telah menanti dan harus segera dilaksanakan. Saat ini Panwas Kabupaten Pati  tengah mempersiapkan pembentukan kesekretariatan dengan mengangkat Kepala Sekretariat dan Bendahara serta melengkapi dengan tenaga pendukung lainnya.  Selain itu juga akan membentuk jajaran Pengawas dibawahnya yaitu Panwascam, PPL dan Pengawas TPS.

Perlu diketahui, dari 7 kabupaten/kota yang akan melaksanakan Pilkada di Jawa Tengah, Pati merupakan kabupaten kedua yang telah menandatangani NPHD setelah Kabupaten Brebes. Sedangkan untuk 5 daerah lainnya yaitu Kabupaten Cilacap, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Jepara dan Kota Salatiga akan segera menyusul.

Penulis : Sadhu Sudiyarto

About Ida Puspita

Check Also

timsel terbentuk

BAWASLU JATENG BENTUK TIM SELEKSI PANWAS PILKADA 2018, PILEG DAN PILPRES 2019

Semarang, Bawaslu Jateng – Dalam rangka persiapan menghadapi Pilkada 2018, Pileg dan Pilpres 2019 Bawaslu …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *