Kamis , Juni 29 2017
Berita Terbaru
Home / Bawaslu Jateng / PELANGGARAN DANA KAMPANYE DAPAT BATALKAN PASANGAN CALON

PELANGGARAN DANA KAMPANYE DAPAT BATALKAN PASANGAN CALON

Rakor Terpadu Dana Kampanye

Batang, Bawaslu Jateng – Hari ini, Selasa (7/2/2017) bertempat di Hotel Dewi Ratih Jl.Urip Sumoharjo Batang, KPU Kabupaten Batang selenggarakan Rapat Koordinasi Terpadu Persiapan Penerimaan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Batang Tahun 2017. Kegiatan ini diikuti peserta dari Tim Kampanye masing-masing Pasangan Calon, KPU Kabupaten Batang dan Panwas Kabupaten Batang. Hadir Pimpinan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah (Bawaslu Jateng) Juhanah S.Pd.I,M.Si sebagai narasumber tunggal pada acara tersebut.

“Pelaporan pembukuan Dana Kampanye jangan terfokus pada sumbangan Dana Kampanye yang berupa uang saja tetapi sumbangan dalam bentuk barang dan jasa juga dimasukan kedalam laporan pembukuan sehingga dalam audit dana kampanye oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) ada kesamaan antara intensitas sirkulasi laporan Dana Kampanye dengan intensitas Kegiatan Kampanye dilapangaannya, LPPDK diserahkan kepada KPU paling lambat 12 Februari 2017 pukul 18.00 WIB”, terang Juhanah saat menyampaikan materi, Selasa (7/2/2017).

Audit Laporan Dana Kampanye oleh KAP ini akan memunculkan sebuah kesimpulan yang nantinya akan menjadi hak publik untuk mengetahuinya. Dalam Peraturan KPU, KAP diberikan ruang untuk mendapatkan informasi tentang pembukuan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye,melakukan verifikasi kebenaran sumbangan serta meminta konfirmasi kepada pihak ketiga, imbuh Juhanah.

Untuk diketahui di Kabupaten Batang Paslon 1 akan diaudit oleh KAP RMR Semarang, Paslon 2 diaudit oleh KAP DR.Rahardja,M.Si,CA,CPA Semarang, Paslon 3 diaudit oleh KAP Wartono dan Rekan Solo, dan Paslon 4 diaudit oleh KAP Tarmizi Achmad Semarang. Audit Laporan Penerimaan dan Penggunaan Dana Kampanye (LPPDK) akan berlangsung dari tanggal 13-27 Februari 2017 mendatang.

Juhanah menambahkan jika dalam penggunaan dan penerimaan Dana Kampanye ini terjadi pelanggaran yang tidak sesuai dengan ketentuan Undang-Undang maka akan dikenakan sanksi mulai dari pidana penjara, denda hingga pembatalan Pasangan Calon yang lebih menimbulkan efek jera. Pelanggaran yang terkena sanksi pembatalan Pasangan Calon yaitu jika : 1) menerima sumbangan yang berasal dari negara/lembaga asing, 2) penyumbang yang tidak jelas identitasnya, 3) Pemerintah, Pemerintah Daerah dan BUMN/BUMD, 4) melaporkan penggunaan dana kampanye kepada KPU melebihi batas waktu yang ditentukan yaitu 14 hari setelah masa kampanye berakhir.

Sedangkan pelanggaran lainnya yang dapat terkena  sanksi pidana penjara dan denda antara lain jika Pasangan Calon : 1) memberi atau menerima dana Kampanye melebihi batas yang ditentukan, 2) menerima atau memberi dana Kampanye dari atau kepada pihak yang dilarang akan dikenai sanksi pidana paling singkat 4 (empat) bulan dan paling lama 24 (dua puluh empat) bulan atau denda paling sedikit Rp.200.000.000,- (dua ratus juta rupiah) atau paling banyak Rp. 1.000.000.000 (satu milyar rupiah). 3) Pelanggaran lainnya yaitu apabila dengan sengaja memberikan keterangan yang tidak benar dalam laporan dana kampanye akan dikenai sanksi pidana paling singkat 2 (dua) bulan dan paling lama 12 (dua belas) bulan atau denda paling sedikit Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah) atau paling banyak Rp. 10.000.000 (sepuluh juta rupiah), 4) calon yang menerima sumbangan dana Kampanye tetapi tidak melaporkan kepada KPU atau menyetor ke kas negara akan dikenai sanksi pidana paling singkat 12 (dua belas) bulan dan paling lama 48 (empat puluh delapan) bulan dan denda sebanyak 3 (tiga) kali dari jumlah sumbangan yang diterima.

Penulis : Disty Kumalandari

 Rakor Terpadu Dana Kampanye 2

 

About widiantoro sh

Check Also

timsel terbentuk

BAWASLU JATENG BENTUK TIM SELEKSI PANWAS PILKADA 2018, PILEG DAN PILPRES 2019

Semarang, Bawaslu Jateng – Dalam rangka persiapan menghadapi Pilkada 2018, Pileg dan Pilpres 2019 Bawaslu …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *