Jumat , Desember 15 2017
Berita Terbaru
Home / Panwaslu / Panwas Brebes Awasi Proses Pembuatan Surat Suara

Panwas Brebes Awasi Proses Pembuatan Surat Suara

Panwas Brebes Awasi Proses Pembuatan Surat Suara1

 

Brebes – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Brebes turut mengawasi proses pembuatan surat suara untuk Pilkada 15 Februari mendatang yang mulai dicetak pekan ini. Ketua Panwaslu Brebes, Kuntoro mengatakan, pihaknya telah memantau intensif ke percetakan untuk memastikan proses pencetakan benar-benar sesuai dengan prosedur.

 

“Kami (antar anggota panwaslu) secara bergantian mengawasi langsung ke percetakan,” kata dia Selasa, (10/1/2017).

 

Proses pengawasan utamanya pada jumlah surat suara apakah sesuai dengan surat perintah kerja (SPK) atau tidak. Selain itu, desain surat juga harus sesuai dengan yang sudah ditetapkan.

 

“Kami ingin memastikan apakah yang dicetak sesuai dengan yang disyaratkan atau tidak,” ujar dia.

 

Menurut dia, pengawasan pada tahap ini penting karena rangkaian Pilkada akan berakhir pada surat suara. Jika bermasalah, maka serangkaian proses yang sudah dijalankan selama ini dinilai gagal.

 

“Jangan sampai ketika sudah Pilkada berlangsung, surat suara kurang, atau bahkan lebih. Ini yang dikhawatirkan. Makanya kami kawal terus dari mulai cetak sampai pendistribusian,” jelas dia.

 

Sebanyak 1.562.062 lembar surat suara mulai dicetak untuk Pilkada Brebes pada 15 Februari 2017 mendatang. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Brebes, Muamar Riza Pahlevi mengatakan jumlah tersebut berdasarkan daftar pemilih tetap ditambah 2,5 persen di setiap TPS.

 

“DPT di Brebes ada 1.522.560, ini sesuau ketentuan yang berlaku bahwa ada tambahan 2,5 persen untuk surat suara,” kata Muamar.

 

Penambahan jumlah surat suara itu, kata Muamar, sudah diatur dalam Peraturan KPU nomor 6 tahun 2016. Hal itu dilakukan untuk mencegah adanya kerusakan maupun penambahan pemilih. Untuk pemilih pemula saja, ada 7.000 orang yang tidak masuk dalam DPT yang sudah ditetapkan pada 6 Desember.

 

“Mereka masuk daftar pemilih tambahan,” kata Muamar.

 

Surat surat suara tersebut dicetak di PT. Intani Sejati di Klaten. Sesuai rencana, surat suara tersebut selesai dikerjakan pada 12 Januari 2017. KPU akan mendistribusikan pada akhir bulan ini, bersamaan dengan logistik pilkada seperti kotak suara, formulir-formulir, dan lainnya.

“Nanti dikirimkan dengan pengawalan ketat dari petugas keamanan,” kata dia.

 

Kontributor : Panwas Brebes

About Humas Bawaslu

Check Also

Langgar Ketentuan Apk dicopot

Langgar Ketentuan, APK Paslon Dicopot Paksa

JEPARA – Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten Jepara bersama Satpol PP Rabu (18/1) mencopot paksa alat …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *