Sabtu , Oktober 21 2017
Berita Terbaru
Home / kepala sektretariat bawaslu jateng

kepala sektretariat bawaslu jateng

tjandra-lestari-2

MENJALANI HIDUP DENGAN RASA SYUKUR DAN LEBIH BANYAK MEMBERI

Perempuan ini sejak awal karirnya memang sudah bersinggungan dengan dunia kepemiluan. Namanya Kartini Tjandra Lestari, Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Jawa Tengah. Ibu dari dua anak yang biasa dipanggil Tjandra ini mengawali karirnya sebagai Pegawai Negeri Sipil yang ditugaskan di Kantor Sosial Politik Kabupaten Semarang pada tahun 1995.

Pada Tahun 2003, Ia diberi tugas untuk menjadi Kepala Sub. Bagian Hukum KPU Kabupaten Semarang. Tugas baru itu ia jalani selama 10 tahun, sampai akhirnya pada tahun 2013 ia dipertemukan dengan Abhan Misbah, Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, lembaga pengawas pemilu yang saat itu sedang membutuhkan seseorang untuk memimpin Kesekretariatan. Perempuan kelahiran Semarang 47 tahun lalu itu pun, pada akhirnya menjadi Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Jawa Tengah sejak tahun 2013 hingga saat ini.

Di bawah kepemimpinannya, kesekretariatan mengalami banyak perubahan. Ia  mulai menginisiasi pengadaan mesin finger print untuk mendisiplinkan kedatangan dan kepulangan staf-staf kesekretariatan, apel pagi kerap dilakukan sebagai bentuk konsolidasi dan penyampaian informasi kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan, administrasi keuangan kantor mulai ditertibkan dan dirapikan.

Untuk urusan-urusan itu Tjandra kerap terlihat galak dan tak segan menegur staf-staf yang keliru. Jajaran Panwas Kabupaten/Kota pun tak luput dari kegalakannya itu, apalagi menyangkut pengelolaan keuangan. Namun sikap tegas dari anak seorang tentara ini semata-mata untuk urusan pekerjaan, agar semuanya menjadi baik. Ketegasannya itu membuahkan hasil, Kesekretariatan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah meraih penghargaan sebagai pengelola dana hibah terbaik Pilkada tahun 2015 pada ajang Bawaslu Award 2016 yang diselenggarakan Bawaslu RI, pada Senin 29 Februari 2016 di Balai Sarbini Jakarta.

Atas prestasinya itu, sarjana hukum lulusan Universitas Diponegoro Semarang tahun 1991 itu tidak jumawa, tidak menyombongkan diri, Ia justeru dengan rendah hati mengatakan itu merupakan hasil kerja bersama.

“Syukur Alhamdulillah atas penghargaan yang diberikan oleh Bawaslu RI. Tentu ini bukan kerja pribadi, tapi atas peran serta jajaran Sekretariat Panwas Kabupaten/Kota yang sudah bekerja keras mengelola keuangan di tengah masih lemahnya regulasi yang mengatur hibah pilkada ini” ujar Tjandra.

Tapi jangan khawatir, ibu dari 2 anak ini tidak segalak dan setegang yang kita pikir, manakala ada suara musik dan sebuah microphone, maka dendang lagu akan segera mencairkan suasana. Ya, menyanyi memang menjadi hobi perempuan berkacama mata ini, siapapun bisa menjadi pasangan menyanyinya, kecuali pasangan hidup, karena ia masih setia dengan suaminya yang seorang dosen di sekolah tinggi ilmu komputer ini. Perempuan yang menggemari olah raga pingpong ini juga memiliki selera humor, maka tak heran jika kita sering menemukan ia tertawa terbahak-bahak.

Tjandra yang saat ini tinggal bersama suami dan kedua anaknya di Pucang Gading, Mranggen, Kabupaten Demak ini ingin dalam kehidupannya selalu disertai dengan rasa syukur dan lebih banyak memberi untuk orang lain, seperti motto hidupnya “menjalani hidup dengan rasa syukur dan lebih banyak memberi”. Kita nantikan prestasi-prestasi lain yang akan dicapai oleh Kartini Tjandra Lestari.

Nama : Kartini Tjandra Lestari, SH, MM
Tempat,Tanggal lahir : Semarang 21 April 1968
Jabatan : Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Jawa Tengah
Agama : ISLAM
Alamat : Jl. Pucang Adi I/5 Batursari Mranggen Demak
Kantor : Jl. Atmodirono No:12A Semarang, Jawa Tengah
Telp/fax : (024)8450728
 Email : tjandra_pa15@yahoo.com