Rabu , Agustus 23 2017
Berita Terbaru
Home / JUHANAH, S.Pd.I, M.S.i

JUHANAH, S.Pd.I, M.S.i

JUHANAH

SRIKANDI BAWASLU JAWA TENGAH

Wanita kelahiran Pekalongan 15 Februari 1980,  satu-satunya wanita yang terpilih menjadi anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah periode pertama tahun 2012-2017 sekaligus merangkap Koordinator Divisi Organisasi  dan Sumber Daya Manusia. Wanita berpenampilan sederhana dan tenang ini tetap tegas dan profesional dalam menangani pekerjaan kantor sehari-harinya, mulai dari persoalan kelembagaan hingga keuangan  di tingkat Kabupaten/Kota. Setelah selesai pelaksanaan Pilkada 2015, saat ini Hana juga sedang disibukkan dengan persiapan Pilkada tahun 2017 terutama penyiapan anggaran yang telah diusulkan kepada Bupati/Walikota. Menurutnya anggaran Pilkada ini sebaiknya bersumber pada APBN agar tidak ada “intervensi” dan “kepentingan” bagi incumbent atau pemangku kepentingan lainnya dalam fasilitasi anggaran terhadap penyelenggara Pemilu.

Ketertarikannya di bidang kepemiluan sudah muncul sejak menjadi mahasiswi di STAIN Pekalongan dengan menjadi Koordinator JAMPPI ( Jaringan Masyarakat Pemantau Pemilu Indonesia ) eks karesidenan Pekalongan  pada Pemilu 1999 dan anggota pemantau JPPR Kabupaten Pekalongan. Beliau juga aktif dalam berbagai organisasi, sebagai pengurus Study Intensif gender Mahasiswa BEM STAIN Pekalongan dan pernah menjabat sebagai pimpinan cabang PMII Pekalongan serta IPPNU Pekalongan.

Walaupun sudah di Semarang sosok wanita yang supel ini masih sering kangen makanan khas daerahnya “Nasi megono”. Hana menempuh pendidikan sekolah di SD Negeri Karangjati ( 1986 – 1992 ) kemudian melanjutkan ke MTs Ribatul Muta’allimin Pekalongan ( 1992 – 1995 ) dan selanjutnya di MA YMI Wonopringgo Pekalongan (1995-1998).

Lulus dari S1 Pendidikan Agama Islam STAIN Pekalongan pada tahun 2002 sembari mengajar Hana mendaftarkan diri dalam perekrutan anggota KPU Kabupaten Pekalongan, melalui seleksi ketat dan diterima menjadi anggota KPU Kabupaten Pekalongan selama dua periode yaitu periode 2003 – 2008 dan periode 2008 – 2013. Merangkap sebagai divisi personalia, logistik dan keuangan dan pada periode kedua divisi Teknis penyelenggaraan. Selama menjabat dua periode di KPU Kabupaten Pekalongan banyak tantangan dan permasalahan yang diselesaikan diusianya yang masih cukup muda untuk jabatannya tersebut. Beliau juga banyak didaulat untuk menjadi  narasumber acara – acara kepemiluan.

Ditengah tanggungjawabnya sebagai anggota KPU Kabupaten Pekalongan, wanita yang mementingkan pendidikan ini juga menimba ilmu meneruskan studinya ke jenjang S-2 Magister Administrasi Publik Universitas Diponegoro Semarang ( 2004 -2006 ). Bolak balik semarang-pekalongan tidak membuatnya lelah, beliau tetap bekerja secara profesional.  Akan Tetapi, pada September 2012 harus mengundurkan diri dari anggota KPU Kabupaten Pekalongan karena diterima sebagai anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah. Strategi dan kelebihan tersendiri bagi para pengawas Pemilu yang pernah menjadi sebagai penyelenggara teknis Pemilu, namun tetap harus sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Demikian wanita yang namanya masih tercatat sebagai dosen STIKAP Pekalongan.

Nama : JUHANAH, S.Pd.I, M.S.i
Tempat,tanggal lahir : Pekalongan, 15 Februari 1980
Jabatan : Anggota Bawaslu provinsi Jawa Tengah
: Koordinator Divisi Kelembagaan dan Sumber Daya Manusia
Agama : Islam
Alamat : Karangjati 030 II/I Wiradesa, Pekalongan
Kantor : Jl.Atmodirono no.12A Semarang, Jawa Tengah
Telp/fax : (024)8450728
E-mail : hana31@yahoo.com