Selasa , Agustus 22 2017
Berita Terbaru
Home / Bawaslu Jateng / JELANG PEMUTAKHIRAN DATA DAN DAFTAR PEMILIH, BAWASLU JATENG ADAKAN RAPAT KOORDINASI

JELANG PEMUTAKHIRAN DATA DAN DAFTAR PEMILIH, BAWASLU JATENG ADAKAN RAPAT KOORDINASI

86img_0199Magelang, Bawaslu Jateng – Bertempat di Grand Artos Hotel Jl. Mayjend Bambang Sugeng No. 1, Magelang Bawaslu Provinsi Jawa Tengah selenggarakan Rapat Koordinasi Pengawasan Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2015. Acara dimulai sejak 7 Juli 2015 dan berakhir 8 Juli 2015. Kegiatan ini diikuti oleh 63 orang peserta yang berasal dari 21 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah terdiri dari 2 (dua) orang Anggota Panwas Kabupaten/Kota dan 1 (satu) orang Anggota KPU Kabupaten/Kota. Hadir sebagai narasumber Komisioner KPU Provinsi Jawa Tengah Diana Ariyanti, Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Abhan dan Pimpinan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Teguh Purnomo.

Rapat Koordinasi Pengawasan Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih bertujuan untuk mewujudkan persepsi yang sama dalam mengawal Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2015 khususnya pada tahapan pemutakhiran data dan daftar pemilih. Acara dipandu oleh salah satu Pimpinan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Juhanah pada hari pertama Selasa (7/7) didahului penyampaian materi dari Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Abhan dengan tema Pengawasan Pencalonan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2015. dilanjutkan pada sessi berikutnya pada malam harinya penyampaian materi dari Komisioner KPU Provinsi Jawa Tengah Diana Ariyanti dengan tema “Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Serentak Tahun 2015”. Usai penyampaian materi oleh KPU, dilanjutkan pemaparan materi dari Pimpinan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Teguh Purnomo dengan tema Pengawasan Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Bupati dan Waki Bupati serta Waikota dan Wakil Walikota Tahun 2015.

Usai pemaparan materi oleh para narasumber dilanjutkan dengan sessi tanya jawab. Pada sessi ini baik dari pihak KPU Kabupaten/Kota maupun Panwas Kabupaten/Kota sangat berantusias dalam menyampaikan pertanyaan terkait tahapan pencalonan dan tahapan pemutakhiran data dan daftar pemilih.

Pada hari berikutnya Rabu (8/7) peserta dibagi menjadi 2 (dua) kelompok untuk berdiskusi dan menyusun rencana tindak lanjut. Kelompok pertama terdiri dari 6 (enam) Kabupaten/Kota yang terdapat calon perseorangan mendiskusikan mengenai potensi permasalahan, strategi dan rekomendasi dalam proses Pencalonan. sedangkan kelompok kedua mendiskusikan mengenai potensi permasalahan, strategi dan rekomendasi dalam proses tahapan pemutakhiran data dan daftar pemilih. Usai diskusi dilanjutkan penyampaian rekomendasi dari masing-masing kelompok. Kelompok pertama di wakili oleh Anggota Panwas Kabupaten Rembang Budi Handayani. Sedangkan kelompok kedua diwakili oleh Komisioner KPU Kota Semarang Kharis Hidayat.  #W

Penulis : Humas Bawaslu Jateng

About Ida Puspita

Check Also

tanda tangan nphd

GUBERNUR TANDATANGANI NPHD ANGGARAN PILKADA JATENG 2018

SEMARANG — Pilkada serentak tahap 3 dipastikan akan berlangsung di Jawa Tengah 2018 mendatang. Ada …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *