Jumat , Desember 15 2017
Berita Terbaru
Home / Nasional / JADWAL BIMTEK PADAT, PANWAS KABUPATEN/KOTA TETAP ANTUSIAS

JADWAL BIMTEK PADAT, PANWAS KABUPATEN/KOTA TETAP ANTUSIAS

64IMG_4005

Jepara, Bawaslu Jateng – Bimbingan Teknis bagi Panwas Kabupaten/Kota pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2017 di Provinsi Jawa Tengah telah berlangsung selama 3 (tiga) hari. Bimtek ini diselenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Jawa Tengah (Bawaslu Jateng) bertempat di Hotel Jepara Indah, Jl. H.O.S Cokroaminoto No.12 Jepara. Pelaksanaan Bimtek sebagai tindak lanjut Training of Trainers (ToT) bagi Tim Asistensi dilingkungan Sekretariat Bawaslu RI dan Sekretariat Bawaslu Provinsi di Hotel Horison Bekasi, yang telah dilaksanakan sebelumnya, Senin-Kamis (20-23/6/2016).

Kegiatan Bimtek difasilitasi oleh 3 (tiga) orang fasilitator dari Tim Asistensi Bawaslu Jateng Asep Mufti, S.H., Widiantoro, S.H., dan Disti Kumalandari, S.T., yang pada akhir sesi dilakukan penguatan materi oleh para narasumber Pimpinan Bawaslu Jateng Abhan, SH, Teguh Purnomo, S.H., M.Hum., M.Kn. dan Juhanah, SPd.I, M.Si.

Materi bimtek yang disampaikan sebanyak 12 modul, antara lain : 1) Membangun komitmen belajar, 2) Organisasi dan tata kelola Pemilu, 3) Pemilu Demokratis, 4) Kebawasluan, 5) Logika berpikir pengawasan pencegahan, 6) Penyusunan rencana teknik pengawasan, 7) Prosedur penindakan pelanggaran, 8) Prosedur penanganan tindak pidana pemilihan, 9) Kajian penindakan dugaan pelanggaran dan tidak pidana pemilihan, 10) Penyelesaian sengketa pemilihan, 11) Pengelolaan layanan informasi, membangun komunikasi dan melakukan kerjasama kelembagaan dan 12) Tata kelola pengawasan partisipatif.

Peserta Bimtek sebanyak 30 orang terdiri dari Anggota dan Kepala Sekretariat Panwas Kabupaten/Kota yang berasal dari 7 (tujuh) Kabupaten/Kota yang pada Februari 2017 nanti akan menyelenggarakan Pemilihan Bupati dan Walikota antara lain Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kabupaten Batang, Kabupaten Brebes, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Banjarnegara dan Kota Salatiga.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pimpinan Bawaslu RI Endang Wihdatiningtyas didampingi oleh Tim Asistensi Bawaslu RI sebagai tim supervisi kegiatan Bimtek.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Bawaslu Jateng yang telah melaksanakan Bimtek bagi Panwas Kabupaten/Kota sebagai tindak lanjut ToT di Bekasi. Modul Bimtek ini sudah Bawaslu RI susun dan siapkan jauh sebelumnya, dengan tujuan agar dapat menjadi pedoman bagi Bawaslu Provinsi dalam memberikan bimbingan teknis kepada Jajaran dibawahnya. Bawaslu Jateng sudah mendapatkan predikat kondang (baik-red) di kancah Nasional, harapanya bisa menjaga predikat tersebut dan lebih meningkatkan lagi prestasi yang telah dicapai selama ini” Ujar Pimpinan Bawaslu RI Endang Wihdatiningtyas saat memberikan pengarahan, Sabtu (23/7).

IMG_3863
Pimpinan Bawaslu RI Endang Wihdatiningtyas, S.H. menyampaikan pengarahan kepada peserta Bimtek

 

PESERTA BIMTEK ANTUSIAS

Para peserta terlihat antusias walaupun jadwal Bimtek sangat padat dibuktikan dengan kehadiran di ruang kelas serta pertanyaan ataupun tanggapan dari peserta pada saat mengikuti  modul yang diberikan oleh Fasilitator selama 3 (tiga) hari.

Untuk mengatasi kejenuhan fasilitator memberikan ice breaking sebelum sessi pembelajaran dimulai. Fasilitator berhasil ciptakan suasana dinamis dalam memandu jalannya  kegiatan. Pada hari pertama Jumat (22/7/2016) dilakukan Pre Test kepada peserta Bimtek, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian modul oleh Fasilitator secara bergantian. Metode yang digunakan dengan pembelajaran orang dewasa (Andragogy) sehingga peserta Bimtek lebih dapat menerima materi dengan mudah.

Pada akhir sessi, Minggu (24/7/2016) sebelum penutupan dilakukan pemberian Doorprize kepada 3 (tiga) orang peserta terpilih antara lain Panwas Kota Salatiga Arsyad Wahyudi, Panwas Kabupaten Pati Achmadi dan Panwas Kabupaten Cilacap Warsid. Penilaian berdasarkan hasil pengerjaan tes formatif, kedisiplinan dan partisipasi aktif selama mengikuti pembelajaran.

Penulis  : Ari Dwi Saputra

Foto      : Aldyno Paundra

Editor    : Widiantoro

IMG_3802
Ketua Bawaslu Jateng Abhan, SH sedang melakukan penguatan materi Bimtek

 

IMG_3988
Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jateng Teguh Purnomo, SH, MHum, MKn sedang melakukan penguatan materi Bimtek

 

IMG_3985
Tim Asistensi Bawaslu Jateng Widiantoro, S.H. sebagai fasilitator Bimtek

 

IMG_3770
Tim Asistensi Bawaslu Jateng Asep Mufti, S.H. sebagai Fasilitator Bimtek

 

IMG_3716
Tim Asistensi Bawaslu Jateng Disti Kumalandari, S.T. sebagai Fasilitator Bimtek

 

IMG_3785
Peserta Bimtek melakukan metode Warung Partisipatif

 

IMG_3804
Peserta Bimtek melakukan ice breaking

 

IMG_3891
Simulasi Penyelesaian Sengketa oleh peserta Bimtek

 

IMG_3901
Simulasi Penyelesaian Sengketa oleh peserta Bimtek

 

IMG_3998
Pengumuman Peserta terbaik oleh Koordinator Divisi Organisasi dan SDM Bawaslu Jateng Juhanah, SPd.I, MSi

 

IMG_4002
Penyerahan Doorprize kepada 3 (tiga) Peserta terpilih

About Ida Puspita

Check Also

44rakor tungsura bawaslu jateng

SAMAKAN PERSEPSI ANTAR PENYELENGGARA, BAWASLU JATENG GELAR RAKOR PUNGUT HITUNG PILKADA 2015

Pekalongan, Badan Pengawas Pemilu – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Tengah menggelar Rapat Koordinasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *