Jumat , Februari 23 2018
Berita Terbaru
Home / Bawaslu Jateng / Calon Panwascam Wajib Tes Urine, Panwaskab Kerja Sama dengan Satnarkoba

Calon Panwascam Wajib Tes Urine, Panwaskab Kerja Sama dengan Satnarkoba

Calon Panwascam Wajib Tes Urine, Panwaskab Kerja Sama dengan Satnarkoba (1)

TES URINE: Calon Panwascam Kabupaten Magelang antri mengikuti tes urine di Poliklinik Bhayangkara Medika Kota Magelang.

 

KOTA MUNGKID, PanwasKab/Kota – Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten (Panwaskab) Magelang menjalin kerja sama dengan Satuan Narkoba Polres Magelang untuk melakukan tes nakorba dan menelusuri rekam jejak 63 Panwascam terkait penyalahgunaan narkoba.

Ketua Panwaskab Magelang MH Habib Shaleh mengungkapkan kerja sama ini mencakup tes urine bagi Panwascam yang lolos seleksi dan pembuatan surat keterangan bebas narkoba. Tes urine dilakukan di Poliklinik Bhayangkara Medika. Tes urine ini dinilai penting guna memastikan anggota Panwascam yang terpilih tidak pernah terlibat sebagai pengguna maupun pengedar narkoba.

“Kami memfasilitasi Panwascam agar lebih mudah dan lebih murah dalam mencari surat keterangan bebas narkoba. Selain di Poliklinik Bhayangkara Medika tes urine juga bisa dilakukan di RS pemerintah,” kata Habib.

Selain itu, lanjut Habib,  surat bebas narkoba ini untuk memenuhi ketentuan UU dan sekaligus membantu Polres Magelang dalam pemberantasan narkoba. Disebutkan tes narkoba wajib diikuti 63 Panwascam terpilih.

“Wilayah Magelang berbatasan dengan daerah lain sehingga peredaran narkoba harus diwaspadai. Semua orang punya kewajiban membantu aparat untuk melakukan pemberantasan narkoba,” tegasnya.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polres Magelang AKP Eko Sumbodo menyatakan mengapresiasi Panwaskab Magelang yang mewajibkan Panwascam menjalani tes narkoba. Dia berharap kebijakan ini bisa diikuti instansi lain sehingga peredaran narkoba bisa ditekan.

Eko menyatakan pihaknya menggratiskan biaya pengurusan surat keterangan bebas narkoba. Adapun Poliklinik Bhayangkara Medika hanya menarik biaya tes urine sebesar Rp 100 ribu.

”Kami memfasilitasi pelayanan tes bebas narkoba ini agar lebih terorganisir dan terjangkau. Kami juga tetap obyektif semisal ada anggota Panwascam yang positif narkoba akan kita berikan rekomendasi ke Panwaskab Magelang,” kata Eko saat memberi pengarahan kepada anggota panwascam.

 

Kontributor : PanwasKab Magelang

Penyunting : Humas Bawaslu Jateng

Calon Panwascam Wajib Tes Urine, Panwaskab Kerja Sama dengan Satnarkoba (2)

About Humas Bawaslu

Check Also

WhatsApp Image 2017-12-02 at 15.23.35

Tekan Pelanggaran Pemilu, Panwascam Wajib Blusukan

WONOSOBO – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Wonosobo mendorong kepada Panitia Pengawasan Kecamatan (Panwascam) untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *