Senin , Juni 26 2017
Berita Terbaru
Home / Nasional / BAWASLU JATENG IKUTI TRAINING OF TRAINERS PENGAWASAN PILKADA TAHUN 2017

BAWASLU JATENG IKUTI TRAINING OF TRAINERS PENGAWASAN PILKADA TAHUN 2017

8820160620_141226Bekasi, Bawaslu Jateng – Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota serentak tahap kedua sudah mulai pada tahapan persiapan.   Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) sebagai penyelenggara Pemilu yang bertugas mengawasi seluruh tahapan  pemilihan mempunyai tanggung jawab besar untuk mengawal penyelenggaraan pemilihan. Sehubungan dengan hal tersebut Bawaslu Republik Indonesia (Bawaslu RI) melakukan persiapan terkait peningkatan kapasitas berupa  Training of Trainers (ToT) bagi Tim Asistensi Bawaslu RI dan Pimpinan serta Tim Asistensi Bawaslu Provinsi, bertempat di Hotel Horison, Jl. KH. Noer Ali No. 1, Bekasi, Jawa Barat, Senin-Kamis (20-23/6/2016).

Kegiatan Training of Trainers (ToT) bagi Tim Asistensi Bawaslu RI dan Pimpinan serta Tim Asistensi Bawaslu Provinsi dibuka oleh Ketua Bawaslu RI Prof. Dr. Muhammad, SIP, MSi, diawali dengan pengarahan oleh Pimpinan Bawaslu RI, Nasrullah, dan Endang Wihdatiningtyas serta kata sambutan dari Pimpinan Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Harminus Koto.

“Hasil pengawasan pemilu yang berkualitas tentunya tergantung dengan kualitas sumber daya manusianya, setiap pengawas pemilu harus mampu menjalankan tugasnya sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu, mencintai profesi sebagai pengawas pemilu, profesional dalam melakukan pengawasan, belajar terus menerus untuk mendalami ilmu pengawasan pemilu, yang menjadi peserta training of trainers saat ini adalah orang yang akan menjadi fasilitator untuk memberikan bimbingan teknis kepada Panwas Kabupaten/Kota di wilayah masing-masing sesuai standar pedoman yang diberikan, modul yang digunakan adalah terbaru hasil revisi pada modul sebelumnya, istilah TSM (terstruktur, sistematif dan masif) tidak hanya digunakan untuk penanganan pelanggaran, akan tetapi digunakan dalam pengawasan pemilu, siapkan struktur organisasi yang baik, rencanakan dengan sistematif, berikan dampak pengawasan yang masif kepada masyarakat, gunakan rumus TSM ini untuk menghasilkan pengawasan yang profesional”, pesan Ketua Bawaslu RI Muhammad saat memberikan pengarahan, Senin (20/6/2016).

Tujuan dilaksanakanya kegiatan Training of Trainers (ToT) adalah menyiapkan sumber daya manusia yaitu Fasilitator yang akan memberikan bimbingan teknis kepada Panwas Kabupaten/Kota sesuai standar pedoman yang terdiri dari 12 modul yang disusun oleh Bawaslu RI.

Bawaslu Provinsi Jawa Tengah (Bawaslu Jateng) menjadi peserta kegiatan Training of Trainers (ToT), menugaskan Koordinator Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia, Juhanah, SPd.I, MSi, dan 3 (tiga) Tim Asistensi yaitu Widiantoro, SH, Asep Mufti, SH dan Disti Kumalandari, ST. Tim dari Bawaslu Jateng diberikan tugas untuk memfasilitasi peserta Trining of Trainers (ToT) pada Modul 5 terkait Logika Berpikir Pengawasan Pencegahan. Pada sessi akhir Pimpinan Bawaslu Jateng Juhanah memberikan pembulatan dan penguatan tentang bahasan logika berpikir pengawasan pencegahan.

“Cara berpikir pengawasan haruslah utuh, tidak parsial atas satu permasalahan saja, tapi juga terhadap untaian proses lainnya yang adalah sebuah satu kesatuan, pemahaman atas bisnis proses dari penyelenggaraan pemilihan secara utuh, menjadi prasyarat keberhasilan fungsi pengawasan” terang Juhanah, Selasa (21/6/2016).

Pemetaan potensi kerawanan harus dilakukan pada setiap tahapan pemilihan, ini dilakukan untuk menentukan fokus pengawasan yang akan dilakukan oleh pengawas pemilu agar dapat melakukan upaya pencegahan dan deteksi dini potensi pelanggaran, tambah Juhanah.

Penulis : Widiantoro

IMG-20160621-WA0068
Tim Asistensi Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Disti Kumalandari sedang memfasilitasi peserta ToT, Selasa (21/6/2016).

 

IMG-20160621-WA0063
Tim Asistensi Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Widiantoro sedang memfasilitasi peserta ToT, Selasa (21/6/2016).

 

IMG-20160621-WA0056
Koordinator Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Juhanah memberikan pembulatan modul 5 terkait logika berpikir pengawasan pencegahan, Selasa (21/6/2016).

About Ida Puspita

Check Also

44rakor tungsura bawaslu jateng

SAMAKAN PERSEPSI ANTAR PENYELENGGARA, BAWASLU JATENG GELAR RAKOR PUNGUT HITUNG PILKADA 2015

Pekalongan, Badan Pengawas Pemilu – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Tengah menggelar Rapat Koordinasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *