Selasa , Agustus 22 2017
Berita Terbaru
Home / Bawaslu Jateng / Bawaslu Jateng hadiri Video Conference Polda Jateng menuju Pilkada Serentak 2017

Bawaslu Jateng hadiri Video Conference Polda Jateng menuju Pilkada Serentak 2017

Bawaslu Jateng hadiri Video Conference Polda Jateng menuju Pilkada Serentak 2017

Semarang, Bawaslu Jateng – Bertempat di Ruang Vicon Polda Jateng, Anggota merangkap Koordinator Organisasi dan SDM Bawaslu Jawa Tengah Juhanah, S.Pd.I, M.Si menghadiri Video Conference (Vicon) yang diselenggarakan oleh Polda Jateng dalam rangka persiapan Pilkada Serentak 2017 yang dipimpin oleh Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono. Vicon diikuti oleh Kapolres, KPU Kabupaten/Kota dan Panwas Kabupaten/Kota di 7 daerah yang akan menyelenggarkan Pilkada Serentak 2017 Senin, 13 Februari 2017.

 

Membuka acara vicon Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono menyampaikan bahwa 1)Pilkada Serentak di 7 Kabupaten/Kota ini semua daerah relatif aman dan kondusif meskipun ada beberapa daerah yang bergejolak tetapi hal tersebut masih dalam koridor hukum yang berlaku dan dapat tertangani. 2)Masa kampanye terlewati dengan kondisi aman, semua karena kerja keras bersama unsur Kapolres, KPUD dan Panwas Kabupaten/Kota serta backup dari Provinsi Jawa Tengah. 3)Memasuki hari kedua minggu tenang, Panwas diharapkan mengawal dengan ketat pembersihan alat peraga serta dapat menghimbau kembali  kepada Paslon dan Timses agar tidak melakukan aktivitas yang dikonotasikan sebagai kampanye. 4)Pendistribusian Logistik Pemilu minimal sudah sampai ke desa sehingga pada saat hari H Logistik Pemilu di semua TPS sudah siap. 5)Sentragakkumdu harus solid sehingga dapat menindaklanjuti pelanggaran yang dilaporkan serta memproses sesuai ketentuan hukumyang berlaku.

 

Juhanah dalam kesempatan tersebut menghimbau agar kerjasama di tim Sentra Gakkumdu semakin kuat karena grafik potensi money politik semakin meningkat. Penertiban pembersihan APK agar disisir terus menerus dengan melibatkan tim gabungan dari Panwas, Satpol PP dan Polres. “jika nanti kedapatan masih ada yang memasang APK pada masa tenang dapat dilaporkan sebagai dugaan pelanggaran yaitu kampanye diluar jadwal” imbuh Juhanah. Yang perlu diperhatikan lagi untuk Pengawas agar melakukan pengawasan melekat terutama pada TPS-TPS yang sudah teridentifikasi sebagai TPS Rawan serta melakukan pengawasan berbasis IT oleh Pengawas TPS, dimana hal ini sebagai ikhtiar dari Bawaslu sebagai antisipasi dugaan pelanggaran. Untuk 7 TPS yang dipindah karena banjir di Kabupaten Pati, mohon untuk pemberitahuan lokasi TPS yang baru, dikirim langsung kepada pemilih, sehingga tidak hanya diumumkan di tempat umum serta di lokasi TPS lama agar ditempel pemberitahuan lokasi TPS yang dipindah.

 

Sedangkan anggota KPU Provinsi Jawa Tengah M.Junaidi menegaskan terkait SE KPU Nomor 151/KPU/II/2017 tentang Penyelenggaraan Pemungutan dan Penghitungan Suara bahwa formulir C6 yang tidak dapat diserahkan kepada pemilih, Ketua KPPS wajib mengembalikan formulir C6 tersebut kepada PPS dan dibuatkan Berita Acara hal ini dalam rangka mencegah formulir C6 jatuh ke tangan yang tidak berhak untuk mencoblos dan disalahgunakan. Dan pemilih yang belum terdaftar dalam DPT tetapi memiliki KTP Elektronik dan Surat Keterangan Kependudukan dari Disdukcapil dapat menggunakan hak pilih mulaipukul 12.00 s/d 13.00 WIB.

Penulis : Disti Kumala

About Humas Bawaslu

Check Also

tanda tangan nphd

GUBERNUR TANDATANGANI NPHD ANGGARAN PILKADA JATENG 2018

SEMARANG — Pilkada serentak tahap 3 dipastikan akan berlangsung di Jawa Tengah 2018 mendatang. Ada …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *