Rabu , Januari 17 2018
Berita Terbaru
Home / Bawaslu Jateng / ABHAN: PERSOALAN DATA PEMILIH PERLU DIWASPADAI

ABHAN: PERSOALAN DATA PEMILIH PERLU DIWASPADAI

rakor-desk-pilkada-batang

BATANG, Bawaslu Jateng – Persoalan data pemilih yang tidak akurat berpotensi menjadi alasan sengketa oleh peserta pemilihan. Hal itu disampaikan oleh Ketua Bawaslu Jateng Abhan pada rapat kordinasi terkait Desk Pilkada Kabupaten Batang Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Batang, Senin (28/11), di ruang rapat Kantor Kesbangpol Kabupaten Batang.

“Potensi pelanggaran di Batang masih belum rawan, tapi perlu diwaspadai setelah penetapan DPT (Daftar Pemilih Tetap) tanggal 6 Desember 2016, karena berpotensi menimbulkan sengketa. Persoalan DPT biasanya dijadikan paslon sebagai salah satu senjata untuk mengajukan sengketa. Karena itu, perlu di selesaikan persoalan penduduk yang mempunya hak pilih tapi belum terdaftar dlm DPT” ujar Abhan.

Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Joko Purnomo yang hadir dalam rapat tersebut menyampaikan persolan serupa terkait dengan pemutakhiran data pemilih.

“Masihh banyak penduduk yang tidak terdaftar sebagai pemilih, karena belum tercantum dalam database kependudukan sehingga perlu  diwaspadai karena dapat menimbulkan permasalahan di kemudian hari. Untuk itu disdukcapil diharapkan untuk memiliki terobosan terobosan untuk menyelesaiakan apabila ada permasalahan” jelas Joko Purnomo.

Rapat yang dipimpin oleh Kepala  Kantor Kesbangpol Kabupaten Batang Agung ini diadakan sebagai persiapan pemilihan  bupati dan wakil bupati Batang Tahun  2017. Hadir pula dalam rapat tersebut Biro Otda Sekda Provinsi Jawa Tengah.

Penulis : Ichan

Editor : Asep Mufti

About Humas Bawaslu

Check Also

WhatsApp Image 2017-12-02 at 15.23.35

Tekan Pelanggaran Pemilu, Panwascam Wajib Blusukan

WONOSOBO – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Wonosobo mendorong kepada Panitia Pengawasan Kecamatan (Panwascam) untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *